Medial Collateral Ligament

09/04/2012. Medial Collateral Ligament (MCL) adalah urat yang menghubungkan (medial) permukaan bagian dalam tulang paha dengan tibia (tulang kering). Cedera pada MCL ini sering terjadi ketika lutut tertarik dengan cukup keras atau karena sobek pada beberapa serat urat akibat benturan (sumber: mbah gugel).

Nah, sekarang, apa hubungannya segala tetek bengek tentang MCL tadi denganku? Ada. Sabtu, 7 April kemarin, aku berkunjung ke rumah sakit Ngawi, mencoba ngecek kondisi lutut yang masih terasa nyeri setelah seminggu pasca senggolan dengan pantat bus. Tahu kan apa yang terjadi dengan bahasa isyarat semacam itu?! Lanjut, setelah konsultasi dengan dokter di poli orthopedi, sang dokter memberi kesimpulan kalau ‘cuma’ urat ligamenku yang bermasalah, lebih tepatnya urat MCL tadi. Disarankan minggu depan datang lagi untuk menjalani fisioterapi. Dalam satu atau dua minggu kedepan, kakiku dilarang untuk terlalu aktif bergerak atau olahraga yang berlebihan.

Pagi tadi, mencoba tanya kepada mbah gugel dengan key word cedera ligamen. Kaget, penjelasan yang muncul mengesankan kalau cedera ini tergolong parah dan perlu pemulihan dalam jangka waktu yang lama, mencapai 12 bulan (kasusnya Nemanja Vidic) bahkan sulit untuk pulih seperti sedia kala (kasusnya Marek Jankulovski).

Oke, tenang, mencoba realistis, lututku tidak terlalu sakit, memang agak sakit kalau ditekuk tapi masak harus setahun untuk bisa pulih. Searching lebih jauh tentang urat ligamen lutut, ternyata cedera yang tergolong parah adalah apabila urat ACL (Anterior Cruciate Ligament) yang kena. ACL adalah urat di dalam sendi yang menjaga kestabilan sendi lutut, menghubungkan tulang paha dengan tulang kering (tibia).Hampir sama pengertiannya dengan MCL tapi letaknya beda. Cedera semacam ini perlu dilakukan operasi untuk pemulihan (Ronaldo Brasil dan Michael owen pernah mengalami cedera ini, terbukti sampai sekarang masih berkutat dengan cedera). Sedangkan kalau ‘cuma’ MCL, tidak memerlukan operasi, cukup dengan terapi sesuai dengan tingkat keparahan cedera. Cedera ACL merupakan tipe cedera yang bisa sembuh dengan sendirinya.

Hufft…, lega. Semoga lekas pulih, sebentar lagi ada kompetisi futsal antar bidang di kantor.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s