Sibukkan Akhiratmu!

im-busySibuk, sibuk, dan sibuk. Itulah yang tampaknya mulai merasuki kampus STAN belakangan ini. Dimana-mana ramai, di mana-mana kerja, semua tampak sibuk. Semester genap sepertinya menjadi waktu yang terasa sangat pendek, dibanding dengan banyaknya amanah yang telah menunggu.

Sibuk, sibuk, dan sibuk. Para mahasiswa sibuk, para dosen sibuk, pegawai-pegawai di kampus STAN juga sibuk. Adik-adik yang kebanyakan fresh graduated, baru lulus SMA tak kalah sibuknya, pedagang dadakan di sekitar halaman gerbang Bintaro –yang tidak menerapkan metode Highest and Best Use­– juga sibuk, bimbel-bimbel USM STAN juga sibuk. Kesibukan sangat terasa di semester genap ini, terutama setelah UTS kemarin.

Mahasiswa sibuk. Tiga kepanitiaan besar yang tidak bisa dianggap remeh (wisuda, daftar ulang, dan dinamika) mulai menggeliat melakukan persiapan. Dimulai dengan OR yang dilaksanakan pada tanggal 11 Juli yang lalu, hingga akhirnya demi mejaring kesediaan mahasiswa STAN –sudah menjadi rahasia umum– yang cenderung apatis. OR akhirnya diperpanjang, sampai tanggal 16 Juli 2009.

Mahasiswa ‘tua’ ikut-ikutan sibuk seperti para juniornya. Deadline outline telah menari-nari di depan mata. Jadwal-jadwal PKL yang sudah sedemikian dekat membuat persiapan menjadi semakin serius.

Pegawai-pegawai STAN juga tak kalah sibuknya, menghadapi para pendaftar USM yang mencapai puluhan ribu jumlahnya. Beberapa diantara pegawai tersebut yang merangkap juga menjadi dosen di STAN sedikit kelabakan mengatur jadwal. Akhirnya jadwal menjadi tidak menentu, ketua kelas pun terlibat dalam kesibukan mencari jadwal pengganti.

Posko-posko bimbel yang mengkhususkan pada USM STAN, terlihat banyak bertebaran di pelataran gerbang STAN Bintaro. Semakin gencar melakukan promosi demi menjaring calon-calon mahasiswa plat merah.

Waktu perkuliahan di semester genap pasca UTS yang hanya dua bulan menjadi sedemikian sempitnya. Waktu terasa cepat berjalan, namun ujian akhir semester tak bisa ditawar-tawar. Ujian, di kampus calon punggawa keuangan negara ini, seakan menjadi momok tersendiri. Kita semua pasti sudah tahu alasannya, sudahlah tidak usah dibicarakan kenapa. Kata-kata DO terasa tabu untuk diperbincangkan.

Kesibukan yang menerjang, khususnya bagi para mahasiswa ‘aktivis’, seringkali membuat kita lupa. Lupa waktu, lupa makan, lupa istirahat, lupa tidur, lupa belajar, bahkan lupa ibadah. Astaghfirullah.

Fisik boleh lelah, tapi ruhiyah tak boleh terkapar pasrah. Kualitas maupun kuantitas ibadah harus tetap dipertahankan. Kita pasti seringkali mendengar, bahwa manusia hanya bisa berusaha, Tuhan yang menentukan segalanya. Maka, planning sesempurna apapun bisa jadi akan gagal berantakan jika Tuhan tidak Ridha terhadap apa yang kita usahakan. Keridhoan Allah itu yang utama. Tentu dengan tetap mempertahankan kualitas dan kuantitas ibadah di tengah kesibukan yang melanda, akan menjadi jalan turunnya Rahmat Allah, insya Allah.

busy-business-manNamun, tampaknya kekuatan fisik terutama kesehatan cukup mendominasi di sini. Ketika kita sedang sakit, tentu kita akan kewalahan melaksanakan semua amanah yang telah diagendakan sebelumnya, pun dalam masalah ruhiyah, kecenderungan menurunnya kualitas dan kuantitas ibadah akan terasa lebih besar.

Tak usah jauh-jauh mengambil contoh, penulis artikel ini pun, sedang menahan sakitnya ketika menyelesaikan amanah yang sebentar lagi di penghujung deadline.

“Yang penting, tidak sia-sia…, itu saja…”, kata seorang teman yang disampaikannya lewat sms.

Isilah waktu luangmu dengan mentaati Allah dan beribadat kepada-Nya sebelum datang musibah kepadamu yang membuatmu lalai dari beribadah

(Hadits Rasulullah, dalam kitab tanbihul khawatir : 360)

ditulis untuk Insan Kamil

Advertisements

2 responses to “Sibukkan Akhiratmu!

  1. akhire njebul juga… aku jek aktif neng fs.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s