petisi batavia untuk smada ngawi

Petisi Batavia untuk SMADA Ngawi. Selamatkan Pendidikan dari Perlakuan Curang.
Kepada :

1. Yth. Bupati Ngawi Jl. Teuku Umar No. 12 Ngawi
2. Yth. Ketua DPRD Ngawi Jl. Gedung DPRD Ngawi
3. Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kab. Ngawi Jl. Kantor Dinas Pendidikan Ngawi
4. Yth. Kepala Kepolisian Resor Ngawi Jl. Kantor Kepolisian Resor Ngawi
5. Yth. Kepala Sekolah SMU Negeri 2 Ngawi Jl. A. Yani Klitik Tromol Pos 7 Ngawi

Petisi Batavia adalah suatu petisi yang dilahirkan sebagai akibat dari adanya dugaan kecurangan yang terjadi pada saat ujian nasional, khususnya yang menimpa Sekolah Menengah Umum (SMU) Negeri 2 Ngawi yang menyebabkan sebagian besar siswa yang mengikuti ujian nasional tahun 2009 tidak lulus. Dinamakan “Batavia” karena petisi ini dibuat oleh jaringan Alumni SMA Negeri 2 Ngawi yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya.

Sebagai bangsa yang memiliki mimpi dan harapan besar, sudah pasti mengharapkan dunia pendidikan sebagai tempat lahirnya para pemimpin dan cendekiawan masa depan. Untuk itu, pendidikan harus bersih dari segala macam kepentingan sesaat, tujuan politik dan kecurangan. Pendidikan hanya boleh memiliki satu kepentingan yakni pendidikan itu sendiri.

Petisi ini diniatkan sebagai salah satu cara untuk menyelamatkan pendidikan dan membela kepentingan pendidikan. Peristiwa yang terjadi di SMA Negeri 2 Ngawi merupakan puncak gunung es keterpurukan dunia pendidikan kita. Dari titik ini kita sadar, bahwa ternyata dunia pendidikan kita masih diwarnai adanya berbagai kepentingan sesaat yang cenderung menghancurkan.

SMA Negeri 2 Ngawi adalah sekolah favorit di Kabupaten Ngawi -berdasarkan kamus elektronik wikipedia-. Dari sekolah ini telah banyak menghasilkan generasi penerus Ngawi yang bertanggung jawab dan berpotensi untuk membangun kota Ngawi (www.wikipedia.org/wiki/ Kabupaten_Ngawi).

Saat ini kita tersentak, dengan adanya kabar yang mengejutkan mengenai ketidaklulusan peserta Ujian Nasional dari siswa SMA Negeri 2 Ngawi. Berita di beberapa media massa menyebutkan 100 % siswa SMA Negeri 2 Ngawi tidak lulus Ujian Nasional. Benarkah di sekolah terfavorit di Ngawi itu 100 % siswanya gagal dalam Ujian Nasional ? Benarkah kegagalan 100 % siswa itu disebabkan mereka memakai kunci jawaban palsu yang disebarkan melalui sms ?

Masalah ini bertambah tidak jelas ketika sudah ditetapkan ujian ulangan yang akan dilaksanakan pada tanggal 8 Juni 2009, meskipun hasil ujian nasional baru diumumkan pada tanggal 12 Juni 2009. Alasan pelaksanaan ujian ulangan ini terkesan sangat dipaksakan karena tidak adanya keterbukaan, transparansi dan hanya berdasarkan asumsi-asumsi. Oleh karenanya, pelaksanaan ujian ulangan yang akan diselenggarakan pada tanggal 8 Juni 2009 tidak memiliki landasan materiil maupun formil yang kuat. Selain itu, ujian ulangan berpotensi menimbulkan keresahan dan kecemburuan bagi sekolah lain. Berdasarkan uraian di atas, dan dalam upaya menyelamatkan dan membela kepentingan pendidikan nasional dengan ini kami seluruh alumni SMA Negeri 2 Ngawi yang berada di Jakarta dan sekitarnya menyampaikan petisi dan tuntutan sebagai berikut :

1. Meminta kepada Bupati, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi dan seluruh jajaran terkait untuk bertindak bijak dan bekerja keras untuk mengusut adanya dugaan kecurangan atau kesalahan dari pihak korektor soal secara terbuka (transparan) dan obyektif.
2. Meminta kepada Bupati, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi dan seluruh jajaran terkait untuk tidak membuat pernyataan kepada publik yang dapat meresahkan siswa, orang tua/wali murid dan masyarakat pada umumnya.
3. Meminta kepada Bupati, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi dan seluruh jajaran terkait untuk memberikan perlindungan hukum dan hak-hak siswa terkait dengan kelulusan serta memberikan kepastian penyelesaian masalah dengan sebaik-baiknya.
4. Meminta kepada pihak kepolisian dan pihak terkait lainnya untuk berperan aktif mencari, melakukan penyelidikan, penyidikan dan proses hukum lainnya yang diperlukan guna mengungkap adanya dugaan tindak pidana dalam masalah ketidaklulusan Ujian Nasional di SMA Negeri 2 Ngawi.
5. Menghimbau kepada Kepala sekolah, seluruh guru dan seluruh pihak di lingkungan SMA Negeri 2 Ngawi untuk meninjau kembali ujian ulangan pada tanggal 8 Juni 2009 karena pelaksanaan ujian ulangan tersebut tidak memiliki landasan baik secara materiil maupun formil.
6. Memberikan dukungan moral kepada Kepala Sekolah, seluruh guru dan seluruh pihak di lingkungan SMA Negeri 2 Ngawi untuk bertindak tegas dalam mengupayakan dan melindungi kepentingan dan hak-hak siswa peserta UAN tahun 2009.
7. Menghimbau kepada siswa, orang tua siswa dan masyarakat pada umumnya untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh adanya isu-isu yang belum tentu kebenarannya.

Demikian petisi ini dibuat untuk menjadikan perhatian dan mendapakan tanggapan sebaik-baiknya.
Hormat kami, Atas nama alumni SMAN 2 Ngawi Regional Jakarta
M. Arief Kurniawan
—————————–

* M. Arief Kurniawan [Ketua] : 0878 8888 5379
* Choiri Setyawan [Sekjen] : 0856 48000 384
* Slamet Hasan [Advokasi] : 0811 888 1648
* Dodik Setyo Wijayanto [Humas] : 0856 1060 311

Alumni Smada Ngawi http://alumni.smadangawi.net Email: alumni@smadangawi.net

Advertisements

3 responses to “petisi batavia untuk smada ngawi

  1. pecinta SMAN 2 NGAWI!!!!!!!!!!

    ALUMNI SMADA DAERAH MALANG

    berusaha semaksimal mungkin, memperjuangkan hak-hak adek2 yang coba di usik…
    minimal daerah malang…
    smangat!!!!

    WES THO…
    HIDUP INI SELALU ADA JALAN,N KLO JALANNYA DATAR2 SAJA G’ SERU…HE

    ASAL YAKIN BISA MELALUI, KITA PASTI MENJADI SANG JUARA…AMIN…

    TUHAN BERSAMA KITA…

  2. CAIYOOOOOO..

  3. kehabisan kata kata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s