mereka tidak curang …

Saya sarankan, sebelum anda lebih jauh membaca tulisan ini, untuk lebih dahulu membaca artikel di sini. Kalau anda tetap memaksakan diri melanjutkan membaca postingan ini, jangan salahkan saya jika gambaran beritanya terasa ngambang. Tetapi itu hak anda. Hak saya adalah menulis postingan ini. Satu yang saya harapkan, jangan anda cepat-cepat menyimpulkan sesuatu setelah membaca artikel dalam link yang saya cantumkan di atas, pun ketika bacaan ini rampung dikalamkan.

Seorang penulis, jurnalis, wartawan, atau apapun namanya memiliki sihirnya sendiri untuk mengajak pembaca menelusuri alur yang di inginkan dalam tulisannya. Bahkan ketika alur itu menikung tajam, akan terasa landai saja jika sang penulis teramat mumpuni untuk ‘menipu’ pembacanya.

Contoh nyata, ada pada artikel yang saya link di atas. Dalam sekilas baca, artikel itu tanpa sadar telah menggiring pembaca menuju pemahaman yang ingin di cekokkan oleh penulisnya. Jangankan Anda yang tidak pernah menjamahkan kaki dalam setting berita. Orang yang telah tiga tahun bercokol di dalamnya pun, masih sempat-sempatnya terhanyut dalam alur yang disutradarai sendiri oleh penulisnya. Ya, media memang ibarat pedang bermata dua. Di satu sisi ia tajam menyampaikan gagasan positif nan edukatif dengan porsi tulisan menyehatkan. Namun seringkali sebuah media, khususnya pers, terlalu membesar-besarkan permasalahan, ibarat seekor semut, bisa tampak seperti gajah di tangan seorang wartawan. Hingga muncul sebuah joke, dalam dunia pers : a bad news is a good news.

Paradigma seperti ini sah-sah saja dalam konteks pemberian informasi kepada khalayak. Namun permasalahannya adalah jika orientasi sang wartawan adalah materi, tanpa mempedulikan kode etik jurnalis yang selama ini menaunginya. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kekritisan seorang jurnalis dibarengi pula dengan sisi humanis yang objektif dalam menilai sebuah berita. Jangan sampai karena berita yang ditulisnya, membuat seseorang atau sekumpulan orang merasa tersinggung dan naik pitam, akibat berita yang tak jelas juntrungannya.

Inilah polemik yang kerapkali dihadapi oleh seorang pencari berita. Tidak mustahil, seseorang akan sangat tersinggung dengan isi berita yang tertulis, walaupun jelas-jelas berita itu benar. Namun, akan sangat fatal akibatnya jika berita yang ditulis belum tentu kebenarannya, bahkan mengandung unsur kebohongan. Ia telah menyebarkan berita bohong, bahkan bisa saja masuk kategori fitnah. Lantas, apa langkah yang patut ditempuh selanjutnya? Mengucapkan permintaan maaf secara terbuka, bisa saja menjadi salah satu solusi. Masalahnya, bagaimana jika permintaan maaf itu tidak sampai karena begitu banyaknya orang yang telah membaca tulisannya, atau mungkin sampai tetapi tidak digubris karena hati yang terlanjur luka oleh sabetan pedang kata.

Wahai para penulis berita, jangan sampai hatiku ini kembali miris dengan pemberitaan yang membuat adik-adik, dan saudaraku menangis sesenggukan dalam dekapan nuraniku. Jangan sampai adik-adik dan saudaraku menangis pilu, hingga kebingungan mancari tempat mengadu. Aku tak ingin membantahnya dengan beragam argumentasi ilmiah. Otak ini sudah tak mampu lagi mengejawantahkan masalah. Biarlah hati-hati ini yang bicara, biarlah hati-hati ini yang merasa. Biarlah adik-adikku yang meneriakkan perasaannya. Katakanlah adikku,saudaraku, dalam sms-mu, dalam komentarmu, ataupun dalam pembelaanmu.

(komentar dari berita di surabaya.detik.com):
– temen2… qt pasti kuaTTTT!!!
– temen-temen……… sabar qt pazti kuaTTT!!!!!
– wis lah ra usah di tanggepi. . . qt hadapi yang ATASAN perintahkan.. o rang yang bener itu di kasih cobaan.. qt sedang melalui itu. . minta doa guru2.. kep sekolah qt yang tercinta. . . q yakin beliau merenungi semua ini beliau orang yg hebat. . bwt kalian2 yang berkomentar layaknya orang yang tak pernah sekolah. . (semoga malaikat lagi tidur sehingga tak melihat kata2 kotor kalian)semoga di ampuni… tapi ingat! aq,miss MR n temen2 sma N 2 ngawi akan mengingat2 komentar2 kalian yang menyakiti hati kami! orang akan liat sp yang bner sp yg salah . . . . . semoga kalian masih punya malu. . . . .
– ya Allah ya rabb… mohon doanya y temen2.. Qt tag melakukan hal memalukan itu,, semua opini itu omong kosong. . . . oMONG KOSONG…..
– Maav ya Anda semua yang terhormat di sini!! Maksud saya, yang MERASA TERHORMAT di sini!! Saya tidak ada waktu untuk melayani ORANG YANG TIDAK BERPENDIDIKAN seperti Anda!! Maav, mengapa saya berani mengatakan Anda seperti itu?? Ya jelaslah!! Itu terlihat dari bahasa Anda yang tidak layak dikonsumsi. MENGERTI?? Yah, terserah Anda semua lah mau bicara seperti apa!! Ini juga ruang publik!! Seluruh jagad raya bisa membacanya!! Seluruh jagad raya bisa meluapkan opini dan emosinya. Satu lagi, SAYA TIDAK TAKUT kepada Anda, saya tidak takut pada ujian ulang, dan saya tidak takut mulut besar Anda berkata apa pun, karena saya punya ALLAH dan saya hanya takut dengan ALLAH!!
– Assalamualaikum.. Terimak asih atas berita alias opini yang menyakitkan dan komentar-komentar yang melatih kesabaran saya dan kawan-kawan. Saya selaku murid SMA itu, angkatan tahun ini, merasa semua berita yang beredar di media, baik cetak maupun elektronik sungguh tidak benar. Saya-lah yang mengalami UNAS tahun ini.. Saya yang tahu bagaimana saya menjalani UNAS ini.. Dan saya yakin semua ini hanyalah SABOTASE, MANIPULASI, REKAYASA, KAMUFLASE, dsb. yang ingin menjatuhkan SMA saya (dan kita) Mungkin ini semua juga bisa disebut karena nila setitik rusaklah susu sebelanga. Mengapa saya berani berkata seperti ini?? Karena saya merasa tidak bersalah!! Dan tidak melakukan seperti apa yang diberitakan oleh media tentang sekolah saya!!! Doakan kami,lulusan taon ini, dikuatkan hatinya,tetap tabah,dan tawakal dalam menjalani ujian ulang! Dan saya juga tidak takut!!! Mau ujian ulang kek!!! Maw apa!!! Yang jelas saya sudah mengerjakan dengan sebaik-baiknya!!! Afwan.. Syukron.. Waalaikumusal am…
– Turut prihatin, ini salah satu bukti curang dan mau enaknya saja tanpa usaha membudaya di masyarakat kita
– Yaopo sih Rekkk…!!?? (apakah ada yang bermain di balik ini?)

(sms yang mampir di inbox-ku):
– Mhon doa untuk kelulusan kita, karena hari ini beredar gosip yang gak enak
– Insya Allah tgl 12 Juni. Besok sabtu wali murid kelas 3 ada pertemuan
– Kurang tw. Ne cah2 lg pada bingung.katanya banyak yg gak lulus.
– Sdh trbyang2 hal yang terburuk mz
– UAN smada di ulang…
– Banyak nilai sama
– Gk tw mz…, trus ngeneki rasane pie
– Jngan bilang ato tanya2 ke siapa2 dlu, coz gk smua klas 3 thu.
– Dari wali kelas ana. D ulang tgl 8 juni,tp ne blm blh dksh thu cp2dl. Bingung mz… g trima!
– Sma SMA wungu.Utk SMADA yg ipa cm BIN aja, lo ips 4 mapel, Kok bs gni kyak gmna?
– Ada pengumuman. Hri sabtu wali urid kumpul d skul jam 9 bwt rapat. Cz ebtanas SMAD d ulang. Unt ipa: bhs indo, utk ips smua kec indo dan eko.
– Ana jg krang pham,pling nilainya sma persis.
– Bismillah… SK uan d ulang dh turun
– Bismillah.. Mhn doa2nya bwt ade2 SMADA.. Ada kasus yg mbuat UAN SMADA d ulang
– Td siang, ana dpt sms dr mb rizki, kasus detaile gmn, na jg mash bingung. Cba tanya arya ato mb rizki… Bismillah
– Isunya da indikasi kecurangan.. Di saat SMADA dperjuangkan jd skolah internasional..Ternya UAN-nya brmslah….
– Ktana tmn2 cm bberapa klas ja yang d ulang, tu pun gk smua mapel, cm bberapa aja, na gk thu lengkapna. Seingat ana skitar 3 mnggi lalu, b.is jg crita gt
– Da, berita duka.SMADA 100% gak lulus unas thun ini. Lhat beritanya d jawa pos.
– Assalamu’alaikum. Bc koran jwa pos hri ini.. Kasus SMA N 2 Ngawi, masuk jawa pos, Di hlaman pertama Ya Allah…
– Konfirm-o neng wong2 sma sik. I thing it’s imposible.
– Aq yakin. Scara esensi, slalu tersisa idealisme. Gk mngkin kbeh nyonto
– Udh dnger kbar dr smada kan?
– Assalamu’alaikum. Akh, ud dnger brita ttg ade2 qt kan? Hr ni jg masuk jwa pos. Mreka msh bth dkungan qt. Klo hri sbtu ato mnggu ant pulang k ngawibs g? plg g, dngan kehadiran ant mreka jd lbih termotivasi,jwb ssuai dg keadaan ant skarang…
– Knapa y mz, smpe skarang qt gk mnemukan alsan yg logis
– Knapa hrus ada ujian ulang, knapa yng g lulus gk ikut pket C, apa gk mnimbulkan kcmburuan skul2 laen
– Iy..na sdkit lga lo cma BIN yg d ulang.
– Bner da yg blang gt, lucu… Kok jd kyak gni ya, pdhal thun lalu lncar2 aja. Ya mugkin Allah mengingatkan.
– Ant percya dg pmberitaan media?
– Knp ya BNSP g ngasi bkti yg jlas ttg ktidak lulusan dan nilai qt? knap?
– Lha, bupati, diknas, bserta jajarannya jg mash mnelusurin mmaksa BNSp untk mngeluarkan bkti. Tp ttep blum mau mngeluarkan

(Belum termasuk telpon-telpon yang berdering di HP-ku)

Di tengah rasa sedih, sedikit terbersit rasa senang karena peristiwa ini. Semoga ini bisa dijadikan pelajaran bagi mereka yang berbuat curang. Semoga ini bisa menjadi peringatan bagi mereka yang telah menghina 2 ikhwah kami yang tidak lulus, karena mempertahankan idealismenya, tahun lalu. Semoga bisa menjadi peringatan bagi semuanya. Allah Maha Tahu, Allah Maha Adil. 2 ikhwah kami itu, Alhamdulillah kini telah mampu menyamai pencapaian seperi halnya mereka yang lulus, bahkan Insya Allah jauh lebih baik, karena memang survive dengan kemampuan mereka sendiri.
Tahun lalu, idealisme seperti itu terasa begitu gersang. Di kelasku, hanya ada 4 orang yang aku yakini masih mampu mempertahankan idealismenya. Tahun ini pun, aku yakin idealisme itu masih tetap dan Insya Allah akan terus bermekaran. Aku masih percaya dengan adik-adik binaanku…
Wallahu’alam…

berita lebih panjang ada di jawa pos, tetapi karena link-nya agak bermasalah, tidak saya tampilkan di sini. cari aja di sini

Advertisements

2 responses to “mereka tidak curang …

  1. pecinta SMAN 2 NGAWI!!!!!!!!!!

    TETAPLAH JAYA SMA NEGERI DUA NGAWI TERCINTA!!!

    Aku yang berada jauh dari mu, sungguh merasakan suhu-mu…
    kadang panas, kadang dingin dan tak pernah menyesal menyandang nama-mu…

    aku yakin, hanya yang mengikuti UAN yang tahu naskah aslinya…
    sedang tak perlulah qita berkata kepada ombak yang selalu beriak dan berdesik!!!
    biarkan mereka menjilat ludahnya kembali, satu persatu kepada setiap insang yang tersakiti…
    biarkan mereka pulang dengan kehinaannya…

    aku yang pernah sekolah disana, aku yang pernah UNAS disana!!!
    bukan kamu, apalagi anda-anda!!!
    itu Fitnah!!!!!

    dari kami yang pernah hidup disana, selamanya takkan pernah menyesal serta selalu bangga dengan smada tercinta…

    YOU WILL NEVER WALK ALONE!!!! TUHAN BERSAMA MU…..
    terimakasih Tuhan ku,,,,,!!

    bismillah,,, semoga diberikan yang terbaik bwt UNAS yang tak pernah layak disebut UNAS!!!!

  2. Stlh sekian lama tag mbuka blog ini,, hari ini terbesit keinginan utk mbukanya. Dan ternyata…

    tag pernah q dga sblm nya…..
    betapa pilunya hati ini saat tag keadilan! saat tag ad penjelasan! saat tag ad transparansi! saat tag ad kjelasan! saat nasib qta dipermainkan! dan saat bnyak org prcya dg pemberitaan media………

    yang tag tahu pun juga ikd jdi korban.

    entah apa yang sedang q rasa saat ne….
    perasaan jdi tag tentu stlh ikd ujian pengganti, msh trauma dg sgla pemberitaan media yg tag brtanggung jawab…

    raga ini tlh lelah dpermainkan utk bolak-balik jogja-ngawi.setiap minggu bolak-balik.
    jiwa ini tlh lelah mnahan semua goncangan fikir.
    otak ini tlh lelah memikirkn apa yg sdg trjdi.
    mata ini tlh lelah menangis dan g bs tdr smp lrut malam.
    telinga ini tlh lelah mendengar cemooh dr bnyk orang.
    mulut ini pun tlh lelah mjelaskan pd stiap org yg bertanya.
    namun……..hati ini tag akan prnh lelah utk senantiasa memohon pda-Nya utk memberi kekuatan, kasabaran, dan sesuatu yg tbaeg bwd qta.
    dan diri ini akan trs berusaha utk masa dpan q, org2 yg q syang n mnyayangi q.

    mhon doa dari smw utk kbaikan kami. Mohhon dkungan dan motivasinya juga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s