tentang

gieDalam keheningan dan kegelapan malam, aku sempatkan untuk mengisi diri dalam tulis. Aku sempatkan sejenak, setelah sujud dalam keheningan malam menghadap Sang Pencipta. Malam memang telah larut, terlalu larut malah bagi diriku yang masih berstatus sebagai pelajar (mahasiswa). Tetapi mata ini enggan terpicing.

Baru-baru, aku baca bukunya Soe Hok Gie, sudah sampai : “Catatan Seorang Demonstran”. Emosiku turut teraduk-aduk membayangkan kondisi mahasiswa pada zaman Soekarno, menjelang penguasaan Soeharto. Kubayangkan kalau aku di sana, seberapa histeriskah diriku.

Aku suka suasana seperti itu. Aku suka “pemberontakan”. Aku suka dunia, dimana emosi terkadang meluap-luap. Jadi teringat bagaimana dulu, kami (RAKA SMUDA) meluapkan emosi yang demikian membuncah, ketika kami dinyatakan “kalah” (?) di lapangan terbang Iswahjudi, Maospati. Padahal, kami sangat layak untuk menang. Kesalahan pencatatan yang dilakukan panitia, membuat nilai kami terpaksa jatuh bebas.

imagesBetapa kami tenggelam dalam euforia emosi. Kami seakan terseret dalam naluri bawah sadar. Muka memerah, dengan tatapan ganas pertanda marah. Tak peduli apa kata orang, inilah kami, jangan melawan. Ingin kulumat saja panitia yang tak becus bikin acara. Kami maki-maki mereka dengan segala perbendaharaan makian yang kami punya. Kami ganas, kami puas. Itulah kepuasan “melawan”. Jangan selalu ikut arus kawan.
“Jangan tunduk! Tentang aku dengan berani!”, kata Chairil Anwar [noe]

Advertisements

3 responses to “tentang

  1. ‘Dalam jiwa yang tenang pasti ada jiwa lain yang saling bertolak… itu wajar, manusiawi dan alami…

    Tanpa jiwa yang sulit dinamai itu, tak kan ada warna kontras dalam hidup…!!!

  2. soe hok gie, jadi ingat masa muda. chairil anwar, jadi ingat masa kecil.
    selalu datang dan pergi masa yang menjadikan kita kaya. pun kenyang dengannya. dengan segala hitam putihnya. dari kecil dijelali satra, lalu dipaksa berteriak-teriak mendeklamasikan aku, 17 Agustus 1945, buku, rumput-rumput liar, dan ditutup sajak palsu…

    pengalaman pribadi to kang…?

  3. nugie . . kirim tulisanmu k MC dun!

    penuhi dengan ‘pemberontakan’ yang kau sukai tu?

    hem…, gmana ya (sok jual mahal ^^v)
    belum nemu bahan dan momen yang pas, Insya Allah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s